Simple present adalah tenses pertama yang mesti kita pahami dan mengerti dengan benar. Sebelum kita mulai belajar mengenai tenses, ada hal-hal harus kita pahami dari tiap tenses yang akan dijelaskan di artikel ini:

  1. Bentuk Waktu Setiap Tenses: bentuk waktu ialah konsep utama dari tenses, dengan mengerti ini akan mudah bagi kita untuk meneruskan pemahaman kita secara fundamental dan menyeluruh.
  2. Fungsi: yakinlah bahwa setiap tenses: punya fungsi tersendiri dalam tiap-tiap tenses yang harus kita ketahui.
  3. Formula: formula yang kita kenal sebagai rumus, harus kita ketahui dan hafal, ini adalah kunci utama dari penggunaan tenses.
  4. Ciri2: setiap tenses mempunyai ciri khas baik berupa adverb of time, adverb of frequency, atau yang lainnya yang menjadi clue bagi kita dalam menjawab soal.

sekararang mari kita mulai:

Simple Present

Simple present

Pada dua artikel sebelumnya kita telah mengetahui bahwa Tenses adalah bentuk waktu, dan present artinya adalah bentuk waktu sekarang (dalam konteks tenses,) karena dalam konteks lain present bisa berarti hadiah 😀

Simple Present, sesuai namanya adalah bentuk paling simple dari Present Tense (tenses dalam bentuk present). Untuk memudahkan pemahaman saya akan menggambar garis waktu awal:

______________________________I______________________________
past(Masa Lalu)  
                   Present (sekarang)                           
Future (masa depan)

YA! di atas adalah garis waktu awal, sebuah garis vertikal (huruf I) memisahkan masa lalu (past) dan masa depan (future), batas antara past dan future adalah masa sekarang (now/present). Jadi, Perkenalkanlah itulah garis waktu, bersahabatlah dengan garis waktu jika ingin menguasai tenses secara lahap 🙂

Garis Waktu: Simple Present

-x-x-x-x-x-x-x-x-x-x-x-x-x-I-x-x-x-x-x-x-x-x-x-x-x-x-x-x-x

Garis waktu diatas menggambarkan simple present. Huruf x di atas menggambar kan kejadian/event. Ya! benar! di Simple Present kejadian itu terus terjadi dari masa dahulu sampai sekarang dan juga termasuk di masa depan, itulah Simple Present!

Formula Simple Present:

Subject + Verb1 (kalimat verbal:menggunakan kata kerja)

Subject + is/am/are + Adjective/adverb (kalimat nominal tidak menggunakan kata kerja melainkan kata sifat dan kata keterangan)

Dari garis waktu itu kita bisa mengetahui bahwa fungsi dari Simple Present ditambah contoh biar mengerti hehehe…

1) Kebenaran Umum (General Truth)

Kebenaran Umum adalah Fakta yang ga bisa diubah dan akan terus terjadi sepanjang masa. Salah Satu contohnya adalah:
(*) Matahari terbit disebelah Timur=The Sun rises (jika tunggal/she/he/it, V1 dalam simple present ditambah s/es) in the east.
(*)Matahari sangat besar = The sun is (is digunakan untuk tunggal/she/he/it) so big.
Jadi sesuatu yang fakta dan akan terus terjadi dari dulu hingga masa depan yang merupakan kebenaran alam/umum harus menggunakan Simple Present
 
2) Kebiasaaan (Daily Activities)

Habits

Mandi setiap hari kan? itu adalah kebiasaan. Semua kebiasaan yang sering atau selalu kita lakukan harus menggunakan Simple Present.
Contoh:
(*)Aku mandi Setiap hari = I Take (They, we, I, You jika dengan verb 1 tidak perlu menggunakan s/es, ingat They We I you tidak suke Es :D, She He it Suka ES) a bath Everyday.
(*)Kamu di kamar setiap malam = You are at your room Every night.
(*)Mereka bermain bola dua kali seminggu = They play soccer twice a week
Disana kita melihat Everyday, Everynight, twice day, bahkan ada three times a month dan lain-lain. Itu semua dinamakan Adverb of Time. Adverb of Time itu adalah ciri dari simple present dan harus kita ketahaui.

Selain adverb of time juga ada adverb of frequency yang berarti keterangan keseringan kita, contoh:

(*)
I always wake up early in the morning = aku selalu bangun lebih cepat dipagi hari

(*)
I usually eat breakfast at my office = aku biasa makan sarapan di kantor

Adverb frequency mencirikan simple present
selain always, usually, juga ada seldom, rarely, sometimes, dan yang lainnya.

3) Dialog

dilaog

Dalam dialog atau drama, kebanyakan menggunakan “tanda petik” yang kebanyakan menggunakan simple present. Contohnya adalah dibawah ini:

“we go to the library”

 


Dion Prayoga

More than a Staff of Ministry of Finance Inspectorate General, a Singer, a Tutor, a Motivator, an Entrepreneur, a writer, and maybe an inspirator for you

>