Setelah sebelumnya kita membahas simple present untuk masa sekarang, simple past untuk masa lampau, sekarang kita akan membahas simple future untuk masa depan. Sesuai katanya simple = sederhana dan future =masa depan, Simple Future adalah tenses paling sederhana untuk menyatakan sesuatu yang terjadi di masa yang akan datang. Untuk lebih jelasnya kita perhatikan garis waktu ini:

——————————————————-!————————————-X———————–
Masa Lampau (past)                    Masa Kini (present)                         Masa Depan (Future)

Sesuai yang tergambarkan di garis waktu di atas bahwa tanda/huruf X yang mewakili kejadian menunjukan bahwa Simple Future menggambarkan kejadian dimasa yang akan datang/masa depan.  Dengan Pola:

Kalimat Verbal

S + Will/Shall + V1

Will byasanya digunakan untuk subject-subject tunggal seperti I, She, He, tapi tidak salah jika digunakan dengan subject lain.
Sebaliknya Shall digunakan untuk yang jamak tapi tidak salah jika digunakan pada subject yang tunggal.
Ingat! Bahwa setelah will/shall hanya dapat diikuti Verb 1!

Contoh:
I will go to the Pondok Indal Mall Tomorrow
(saya akan pergi ke pondok indah mall besok)

Kalimat Nominal

S + Will/Shall + be + Adjective/Adverb

Contoh:
They will be at your office next month
(mereka akan berada dikantor kamu bulan depan)

Dari kedua contoh di atas terlihat dengan jelas bahwa ciri waktu dari simple future adalah tomorrow, next + waktu, dan yang lainnya seperti: In five minutes (lima menit lagi) dan waktu lain yang menggambarkan dimasa depan/akan datang.


Dion Prayoga

More than a Staff of Ministry of Finance Inspectorate General, a Singer, a Tutor, a Motivator, an Entrepreneur, a writer, and maybe an inspirator for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *