USM STAN

Ujian Saringan Masuk STAN (USM STAN) adalah satu-satunya jalur untuk menjadi mahasiswa STAN. Jika pada tahun sebelumnya USM STAN hanya menyaring melalui satu tahap saja yaitu melalui tahap ujian tertulis, maka saat ini USM STAN terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

1. Pengujian Administrasi

Tentunya setiap USM STAN ada persyaratan administrasi untuk menjadi peserta USM STAN itu sendiri dan persyaratan itu harus 100% dipenuhi. Pada tahap ini setiap data atau berkas yang diperlukan akan diteliti apakah memenuhi syarat atau tidak, oleh karena itu pastikan peminat STAN telah memenuhi syarat.

2. Ujian Tertulis

Ujian tertulis adalah bagian vital dari USM STAN karena menurut pengalaman tahun sebelumnya sekitar 95% peserta tersisih dari tahap ini. Ujian tertulis USM STAN terdiri dari Tes Potensial Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Ujian tertulis terdiri dari 180 soal, 120 soal TPA, dan 60 soal TBI. Kesulitan untuk lulus dalam tahap ini adalah karena tingkat kesulitan yang lumayan tinggi, waktu yang terbatas, dan terdapat sistem nilai mati.

USM STAN memiliki waktu 150 menit, berarti untuk menjawab semua soal USM STAN yang berjumlah 180 soal dan memindahkannya ke Lembar Jawaban Komputer (LJK), kita membutuhkan waktu kurang dari satu menit!

Selain itu, yang paling harus diwaspadai adalah nilai mati. Untuk menghindari nilai mati, peserta minimal harus benar 1/3 soal dari tiap bagian. Dengan kata lain, peserta minimal harus benar 40 soal TPA dan 20 soal TBI.

3. Tes Kebugaran

Setelah disisihkan dan tersisa sekitar 5% peserta USM STAN harus mengikuti uji kebugaran. Uji kebugaran ini dengan melakukan lari memutari lapangan dengan waktu tertentu. Ada banyak peserta yang gugur karena tidak siap atau tidak cukup fit badannya ketika mengikuti tes kebugaran ini.

4. Assessment

Tahap terakhir adalah assessment yang terdiri dari psikotest dan wawancara tentunya dari tahap 3 dan 4 akan menyisakan yang terbaik yang berhak menempuh pendidikan di STAN.

102 thoughts on “USM STAN”

  1. kalo buat 2018 apakah msih sama ataukah berbeda ya tahapannya? soalnya saya dapet info dari temen kalo misalnya di 2018 akan berbeda tes nya jadi lebih banyak. mohon info nya, makasih

  2. kalau lulus tes tulis dan kebuguran, apakah akan tidak diterima juga kalau gagal di TKD ?? Apa fungsi tes TKD sebenarnya? thank you

  3. khumairo tri rama dhanti

    apakah ada sistem delete member di STAN?? disebabkan oleh alasan tertentu, misalnya berhenti kuliah ditengah perkuliahan. terimakasih

  4. Apakah jurusan selain bea dan cukai boleh buta warna parsial ? Syarat nilai UN kan 7.00 Dan bagaimana jika rata eata UN 69.75 ? Apa kah ada toleransi ?

  5. ada test wawancara nya gak kak? kalo ada, biasa nya tuh ditanya apa doang kak? apa harus mengggunakan bahasa inggris? makasih

  6. Muhammad Lintar Ramadhan

    kak apakah kalau mempunyai banyak piagam kejuaraan dapat menambah nilai tes kita ?
    dan juga bagaimana ya kak kalau kami di Bangka Belitung lokasi tes nya ?

  7. kak saya inshaAllah lulusan tahun ini. klu misalnya inshaAllah sy udah lulus semua tes stan setiap tahapnya tp pas pendaftaran ulang nanti teryata nilai un sy tidak cukup 7 berarti saya gugur dong kak ? meskipun udah lulus berbagai tahap seleksi stan ?

  8. kak mau tanya pas tanggal 31 mei nanti kan pengumuman tempat tes setelah itu ada verifikasi data atau apa? terus buat dapetin pin nya itu gimana?
    terima kasih

  9. Kak mau nanya kalu pas masuk tuh atau daftar ulang .bawanya ijazah atau sama raport asli juga?
    Tes wawasan kebangsaan sama tes kpribadian itu tes lisan atau semacam psikotes?

  10. Kak ada tahapan seleksi administrasi tidak ya? Soalnya kemarin saya salah upload foto, tidak mengenakan putih putih spt di syarat.. Bagainana solusinya ya kak

  11. Kak, klo sy daftar stan, trus ditengah jalan saya ga ikut tahapan tesnya, kan otomatis gugur kak. Tahun depan bisa daftar atau kena blacklist?

  12. Kak kan tadi udah selesai ujian CAT, skor TKP kurang 5 poin dari ambang batas, sedangkan tes yg lain skornya alhamdulillah diatas ambang batas
    kira-kira masih ada kesempatan ga kak?

  13. Kak sya sudah lolos semua nilai TPA TBI nilai total 150 saya ambil bea cukai pilihan 3. Kok nggk dipanggil tes TKK padahal ada teman tanpa milih bea cukai dng jumlah TPA TBI 147 kok dipanggil TKK. Itu gimana??

  14. Kak tes tahun 2019, bener ya udah gak ada lagi ketentuan nilai UN maks 7? Dan klau milih jurusan perpajakan itu ketentuannya apa sja ya kak? Apakah ad ketentuan bagi mata minus?

    1. Yang digunakan rata-rata nilai rapor untuk kelas 3 dan rata-rata nilai ijazah untuk alumni de. Mata minus hanya disyaratkan untuk bea cukai saja, jadi jurusan lain bisa termasuk pajak.

  15. Kak buat pemilihan jurusan di STAN itu, kita pertamanya boleh milih lebih dari 1, atau hanya boleh langsung 1 kak?

  16. Ka saya kan baru daftar nah tempat lahir di ktp Jakarta tetapi di ijazah saya isi Jakarta Barat. Jika yg di ijazah tertulis Jakarta sedangkan di pendaftaran Jakarta Barat apakah akan bermasalah?

  17. Ka, untuk yg sudah lolos tes tulis apakah semua harus tes kebugaran juga? Atau hanya yg memilih jurusan tertentu?

  18. Kak mau tanya dong klu tahun 2019 ada 3 tes yaitu : TKD, Kesehatan dan kebugaran yg saya mau tanyakan adalah : mana tes yang lebih berpengaruh utk dapat dilolos STAN ?. Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Chat Kami
1
Silahkan Bertanya pada Kami
Hubungi kami via Whatsapp