Sebelum kita belajar tenses, saya tidak memandang semuanya sudah mengerti bagian yang paling dasar dari sebuah pembelajaran bahasa termasuk bahasa inggris. Bagian dasar dari pembelajaran bahasa adalah Subjek dan Objek = kata ganti orang/benda. Kata kerja juga termasuk sih, tapi kata kerja akan kita serap pada saat kita membahas tenses. Perhatikan dengan baik bagi kamu yang belum pernah belajar basic dari bahasa inggris.

Pronoun

Pronoun!, pronoun terbentuk dari pro=sebelum dan noun=kata benda. Dengan kata lain pronoun adalah sebelum kata benda, berarti dia tidak dapat berdiri sendiri tanpa kata benda. Ribet ya? simak penjelasan dibawah ini:

Subjek, Objek, dan Kepemilikan dalam Bahasa Indonesia

 

Subyek

Obyek

Kepemilikan 1

Kepemilikan 2

Aku Aku Benda+ku (Bukuku) Milikku
Kamu Kamu Benda+mu Milikmu
Dia Dia Benda+nya Miliknya
Kami Kami Benda+kami Milik Kami
Mereka Mereka Benda+mereka Milik Mereka

Tabel di atas menunjukan subjek, objek, dan kepemilikkan dalam bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari-hari dan pastinya kita sangat mengerti.

Di atas kita sudah melihat pronoun versi bahasa indonesia (penjelasan dengan pendekatan bahasa Indonesia agar mudah dimengerti), sekarang kita akan melihat pronoun versi bahasa inggris dilengkapi contoh, sebagai berikut.

Subject, Object, Possessive Pronoun, Possessives, and Reflexive Pronoun

 

Subject

Object

Possessive Pronoun

Possessives

Reflexive Pronoun     

I

(aku)

Me My + Noun (My Book) Mine Myself (diriku sendiri)

You

(kamu)

You Your + Noun Yours Yourself (dirimu sendiri)

We

(kami)

Us Our + Noun Ours Ourselves

They

(mereka)

Them Their +Noun Theirs Themselves
He(Dia Lk) Him His + Noun His Himself
She (Dia Pr) Her Her +Noun Her Herself
It(kata ganti benda) It Its Itself

Jika di tabel yang bahasa Indonesia hanya ada 4 kolom, table yang bahasa inggris memiliki satu kolom tambahan yaitu Reflexive Pronoun. Akan saya jelaskan tiap-tiap kolom satu persatu!

Subject

Subject pengganti dalam bahasa Inggris terdiri dari 7 Subject yaitu They, We, I, You (dibaca Dewi Ayu biar mudah dihafal) dan She, He, It. Ke tujuh subject ini dibagi dua untuk kemudahan yang akan dijelaskan diartikel berikutnya :).

I untuk mengganti kata ganti orang pertama dengan kata lain adalah Saya/Aku. You adalah kata ganti orang kedua yang berarti kamu. We adalah kata ganti orang ketiga yang berarti kami. They adalah kata ganti orang ketiga yang berarti mereka. He adalah kata ganti orang ketiga yang berati dia untuk Laki-laki, She Untuk perempuan, dan It untuk benda/masalah/hal/hewan/tumbuhan.

Object

Dari 7 Subject tadi memiliki bentuk object yang berbeda. I menjadi Me, You tetap You, We -> Us, They -> Them, He ->Him, She ->Her, dan It tetap menjadi It.

Possessive Pronoun

Possessive pronoun adalah kata kepemilikan yang berdiri sebelum kata benda. Terlihat pada tabel diatas, my book berarti buku saya dan seterusnya. Menunjukan bahwa my, your, dan teman-temannya tidak dapat berdiri sendiri.

Possessives

Jika ingin kata kepemilikan yang berdiri sendiri maka my akan berubah menjadi mine (milikku), your berubah menjadi yours. Dengan kata lain my book dapat dikatakan mine (didalam mine ini sudah terdapat kata bendanya yaitu buku).

Jadi untuk mengatakan itu buku saya adalah That is my book atau that is mine 🙂

Reflexive Pronoun

Kita sering berkata diri kita sendiri, diri kamu sendiri dalam bahasa inggris itu dinamakan reflexive pronoun. Misalnya diri saya sendiri gunakan my self dan seterusnya sesuai tabel 🙂

 

 


Dion Prayoga

More than a Staff of Ministry of Finance Inspectorate General, a Singer, a Tutor, a Motivator, an Entrepreneur, a writer, and maybe an inspirator for you

>