Penilai STAN

STANGate

Spesialisasi terunik dengan keilmuan yang mungkin tidak ada di semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia adalah spesialisasi Pajak Bumi Bangunan (PBB)/Penilai yang hanya ada di STAN. Spesialisasi Penilai ini sangat unik karena mahasiswa yang lulus dari spesialisasi ini akan menguasai skill penilai. Penguasaan hard skill penilai sangat langka di Indonesia karena penilai dapat menilai aset seperti gedung atau tanah dengan keilmuan yang telah dikuasai sebelumnya.

Penilai juga disebut sebagai satu-satunya jurusan teknik yang ada di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara karena mata kuliah yang mirip-mirip seperti yang ada di teknik. Jadi, spesialisasi penilai sanagat pas untuk kamu yang berminat kepada arsitektur, bangunan, dan lainnya, tetapi kamu akan mempelajari hal tersebut dari segi nilai, harga, dan niai uang dari bangunan tersebut.
Penilai juga disebut sebagai pajak ceria karena penempatan kebanyakan di Direktorat Jenderal Perpajakan. Bagi kamu yang sangat berminat menjadi pegawai pajak kamu dapat memilih jurusan ini sebagai pilihan alternatif. Selain penilaian tentunya spesialisasi ini juga mempelajari pajak dan akuntansi.

Meskipun pengambilan Pajak Bumi Banguna telah dialihkan ke Pemerintah Daerah, lulusan dari spesialisasi ini ditempatkan di Kementerian Keuangan karena pekerjaan penilai sangat dibutuhkan dan seluruh lulusan STAN ditempatkan di Kementerian Keuangan pastinya karena STAN dimiliki oleh Kementerian Keuangan.

  • Shinta says:

    Kak boleh tanya nggak, saya kan asal manado insyaallah tahun depan mau ikut usm stan, tapi saya ikutnya yang di luar daerah misalnya jogja atau jakarta, itu bisa nggak?

  • Za says:

    Kak bedanya jurusan pajak sama penilai apa? Terus mata kuliah dari jurusan penilai tu apa?

  • Rizal K A says:

    Kak mau tanya, dijurusan ini apakah ada perhitungan seperti hal saintek atau lebih keperhitungan nilai dari suatu benda ya kak?, makasih maklum masih “bau kencur”

  • Dila says:

    Ka, mau nanya. Kalau setelah lulus itu, tugas penilai apa saja di dalam pekerjaannya? Apakah hanya menilai suatu aset atau ada tugas spesifik lainnya ? Terimakasih ka

  • Adriaan togudo cipta says:

    Kak mau nanya kak, kalau jurusan penilai ituu banyak gaa teorinyaa?? Makasii….

  • Rizky setiawan says:

    Kak mau tanya apa pada saat kuliah di d3 pbb itu pernah membuat proyeksi proyeksi gitu untuk menentukan value suatu bangunan?

  • fikri haikal says:

    kak lulusan PBB nanti kerjanya dimana

  • sephia tiara says:

    kak jurusan pbb/penilai ini ada yg untuk D1 nya kan?

  • lala says:

    Kaa, apakah lulusan d3 penilai bisa menjadi pegawai pajak seperti lulusan d3 pajak kaka ??
    Terus, kelebihan d3 penilai dibandingkan dengan pajak apa saja ya kaka ?

  • Kak,jurusan Penilai yang ada di STAN apa bedanya sama jurusan Penilaian Properti di UGM(sama” D III)?

  • Veramita says:

    Kak di jurusan penilai itu banyak menghitung apa menghafal kak di makul khususnya? , krn makul umum jelas hafalan kan seperti hukum pancasila dll. Dan model pembelajarannya dijelasin dosen atau tidak kak? Krn saya kuliah di fk tp benar2 ndak dijelasin, dan saya sekarang kepikiran untuk belajar usm buat 2019, dan saya tertarik dg penilai krn katanya ‘teknik’ nya stan, jujur tes bakat saya itu di akuntansi dan teknik kak, bukan kedokteran hehe. Mohon dijawab ya kak

    • Dion Prayoga says:

      Semua jurusan di stan campuran de menghafal dan menghitung, jadi balance gitu begitu juga dengan penilai. Untuk penjelasan matkul, terlalu spesifik karena banyak mata kuliah selama 3 tahun kuliah di STAN. Secara umum di STAN berimbang ke hitung dan hafalan, rada lebih banyak hafalan malah jika ade sudah mendekati semester akhir.

  • Fanchivzsky says:

    Kak, apakah di D3 penilai harus punya keterampilan menggambar?? Terimaksih sebelumnya.

  • Nabila says:

    ada matkul tentang fisika dong kak? kira kira di jurusan penilai peminatnya banyak nggak kak? setelah lulus penempatan kerjanya kita pilih sendiri atau di tentukan oleh ppusat kak?

  • Misnawati says:

    Kak mau nanya, semua jurusan yang ada di STAN peminat yang paling sedikit yang mana kak?

    • Dion Prayoga says:

      Semuanya diminati banyak de, yang paling kurang diminati berdasarkan data tahun lalu adalah D3 Penilai dan D3 Manajemen Aset. Hal tersebut dikarenakan kuota yang diterima juga paling sedikit de

  • mareta says:

    kak berapa jumlah matkul setiap tahun apapun jurusannya deh

  • Wury says:

    Kak mau tanya. Setelah dilihat dari komenannya, jurusan penilai ini termasuk salah satu jurusan yang peminatnya lebih sedikit. Apa itu karena tingkatan jurusan ini lebih sulit drpd yang lain atau hanya sekedar segi kuota yang tidak menampung banyak mahasiswa? Kemudian, skill yang harus dipersiapkan dr sekarang untuk masuk ke jurusan penilai ini apa ya??

  • sindi says:

    kak aku mautanya aku gabisa gambar sama sekali tapi aku pengen penilai ini jadi gimana kak? inikan menggambar bangunan gtu kan ya kak nanti pelajarannya ada yg seperti itu

  • duna dwi says:

    mau tanya kak, dipertanyaan sblmnya kakak bilang kalo di d3 penilai itu ada membuat proyeksi gitu, maksudnya proyeksi gmn kk? menggambar kah atau gimana?

  • Awan says:

    Mau tanya kak, kalau milih jurusan di STAN untuk lolos dan berpeluang banyak apakah harus memasukkan salah satu jurusan D1 dari jurusan D3??

    mohon pencerahannya:)

  • Megan Bramastha says:

    Waktu mendaftar STAN 2019 ini ada tulisan “Bersedia ditempatkan di luar pilihan spesialisasi”
    Ya/Tidak dan “Bersedia ditempatkan di Spesialisasi Bea Cukai?” Ya/Tidak.

    Misal saya centang semuanya, terus misal gk diterima di 3 jurusan/speasialisasi pilihan apakah itu nantinya masuk ke Jurusan yg Bea Cukai yah kak?

    Mohon penjelasan lengkapnya kak

  • Ahmad Muhaimin says:

    Kisaran gaji penilai berapa kak?

  • Sahrul novan says:

    Kak mau tanya apakah ada seleksi khusus dijurusan penilai ini?

  • >
    Scroll to Top