STAN at Night

Spesialisasi Bea Cukai adalah spesialisasi yang terunik yang ada di STAN. Untuk masuk kamu harus minimal memiliki tinggi 165 cm dan tidak buta warna. Untuk masuk Bea Cukai kamu memiliki seleksi tambahan berupa tes fisik diluar tes kebugaran. Selama ini yang bisa masuk Bea Cukai hanyalah dari pria saja dan wanita tidak bisa memilih jurusan ini saat mengikuti USM STAN. Spesialisasi ini sangat baik dipilih oleh laki-laki karena saingan yang lebih sedikit, hanya laki-laki yang tingginya di atas 165 cm dan tidak buta warna yang bersaing mendapatkan kursi di Bea Cukai STAN.

Bea Cukai memiliki sistem belajar semi militer, disini fisik dan disiplin kamu dibentuk layaknya seorang tentara. Perbedaan dengan tentara tentunya di Bea Cukai pembinaan fisiknya jauh lebih ringan dan didik untuk menguasai ilmu layaknya anak kuliah. Bea Cukai juga mengenakan seragam layaknya angkatan laut.

Kampus Bea Cukai berbeda dengan kampus jurusan lainnya yang terletak di Bintaro Sektor V. Kampus Bea Cukai terletak di Rawamangun untuk Diploma 3 sedangkan untuk Diploma 1 di sebar di Balai Diklat Keuangan (BDK) yang tersebar diberbagai propinsi yang ada di Indonesia.

Tidak hanya spesialisasi akuntansi yang mempelajari akuntansi tapi semua spesialisasi juga mempelajari termasuk Bea Cukai, semua jurusan juga mempelajari pajak, hukum, dan mata kuliah umum lainnya. Perbedaan Bea Cukai tentunya spesialisasi ini lebih fokus mempelajari Bea dan Cukai. Nyaris seluruh lulusan spesialisasi Bea Cukai ditempatkan bekerja di Direktorat Jenderal Bea Cukai. Jadi, bersiaplah menjadi penjaga pesisir perbatasan dan pelabuhan Republik Indonesia, menjadi pasukan elit yang berintelijensi tinggi dan mengangkat senjata mengamankan negara dengan pendapat yang signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *